Saturday, July 4, 2015

Macam-macam lensa dalam dunia photography


Dalam dunia fotografi untuk memotret suatu objek yang berbeda-beda maka diperlukan juga sebuah lensa yang mendukung untuk memotret suatu objek tersebut. Oleh karena itu saya akan coba sedikit membahas tentang macam-macam lensa dalam dunia photography ini.

Lensa memiliki bermacam-macam yang sering dipakai oleh para fotografer diantaranya adalah :


1.  Lensa normal wide
     Lensa normal wide atau yang sering di sebut juga lensa standar merupakan lensa yang sering dan lazim digunakan oleh para fotografer, lensa ini akan memberikan efek natural atau alami. normal wide memiliki ukuran 50-55 mm dengan sudut 46 drajat. 
     Lensa normal sangat cocok untuk motret foto profil. Lensa ini memiliki bukaan diagfragma yang cukup lebar sehingga bisa memberikan efek blur pada background. Selain itu lensa ini juga memiliki kekurangan yaitu tidak bisa memotret objek yang cukup jauh.

2.  Lensa zoom 
     Lensa zoom memiliki fleksibelitas dalam menentukan focal length. Ukurannya 80-200 mm, lensa jenis ini memiliki focal length yang dapat berubah-ubah tidak sama dengan lensa yang lain yang memiliki focal length tunggal. 
     terkenal akan kepraktisannya, lensa zoom berfungsi untuk mendekatkan tampilan objek tanpa harus mendekatinya.

3.  Lensa tele
     Lensa ini memiliki ukuran diata 70 mm, lensa ini sangat populer dipakai para fotografer untuk memotret olahraga, jurnalisme, satwa liar serta memotret dengan objek yang tidak dapat didekati. Ciri khas lain yang dimiliki lensa tele adalah focal length yang jauh sehingga ruang tajamnya menjadi tipis dan daerah yang tidak fokus akan menjadi blur atau kabur. Kelemahannya adalah ukurannya yang sangat besar dan berat.

4.  Lensa wide angle
     Lensa ini adalah lensa sudut lebar yang mampu merekam objek secara lebih luas. Oleh karena itu lensa wide sangat cocok untuk para fotografer landscape (pemandangan). lensa wide memiliki bentangan sudut mulai dari 63 derajat sampai 120 derajat, sedangkan untuk ukurannya sendiri dari 12-35 mm. Bahkan sudah banyak sekarang lensa yang mempunyai sudut lebar 10mm.

5.  Lensa makro
     Lensa makro ini memiliki focal length kisaran 90-200 mm, serta menggunakan perbandingan 1:1 yang mana objek akan sama besar dengan ukuran sensor kamera. Lensa ini biasa digunakan untuk memotret benda-benda yang kecil seperti bunga, serangga, tetesan air dan sebagainya.


6.  Lensa fish eye
     Lensa fish eye memiliki keunikan dan paling diminati untuk keperluan seni fotografi.lensa ini di rancang khusus untuk menghasilkan distorsi yang ekstrim pada foto. lensa ini memiliki ukuran focal length dari 8-16 mm dengan sudut pandang yang dimiliki 180 derajat. Lensa ini tergolong lensa yang cukup mahal.

No comments:

Post a Comment