Thursday, July 23, 2015

Belajar Metering Mode kamera DSLR


Metering mode adalah suatu metode yang dapat digunakan unutk mengukur ketepatan eksposur. Metering mode berfungsi untuk mengukur intensitas cahaya di sekitar objek. Ketika objek dilihat dari viewfinder, maka kondisi cahaya yang mengenai objek pada saat itu dapat diukur menggunaan metering.

Metering mode akan menganalisis cahaya yang berada disekitar objek, apakah disekitar objek tersebut terlalu gelap, terlalu terang ataupun cukup. Dan kemudian selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah mengatur diafragma, shutter speed dan ISO unutk menghasilkan eksposur yang tepat.

Adapun beberapa metode metering yang terdapat di kamera DSLR :

1.  Matrix Mode/Evaluate.
     Metode ini adalah menghitung serta meratakan tingkat pencahayaan yang masuk ke kamera. Cara kerja dari metode ini adalah dengan membuat kotak virtual pada objek, kotak ini dapat dilihat saat membidik objek pada viewfender. Metering mode dengan metode ini akan menampilkan informasi yang terkait dengan nilai cahaya pada kotak virtual tersebut, untuk kemudian memberikan nilai pencahayaan secara keseluruhan. 

Metode ini sesuai untuk memotret objek yang memiliki intensitas cayaha yang relatif sama, namun unutk memotret pada objek yang tingkat pencahayaannya berbeda (misal cahaya samping) maka metode ini tidak sesuai untuk di gunakan.

2.  Spot metering
     Spot metering biasa dugunakan untuk memperoleh detail tertentu, tetapi secara maksimal. metode ini akan mengukur bidang-bidang yag sangat kecil. Metode ini berbeda dengan metode matrix mode, mode ini sangat cocok untuk memotret objek yang tingkat pencahayaannya berbeda. Informasi yang di ambil dengan metode ini lebih akurat. metode ini dapat di aplikasikan misalnya pada cahaya samping.

3.  Center-weight metering
     metode ini berbeda dengan kedua metode sebelumnya, metode ini mengukur tingkat pencahayaan yang jatuh pada bagian tengah frame. metode ini cocok untuk memotret wajah (profile) atau pemandangan (landscape).

No comments:

Post a Comment