Friday, July 10, 2015

Apasih Eksposur dalam dunia photography ??


Pada awal  kemunculan fotografi, kata eksposure merujuk pada jambar yang terekam di kamera. Namun seiring dengan berkembangnya dunia fotografi, kata eksposure mulai di terjemahkan dalam berbagai arti. Ada yang menyebut eksposure sebagai gambar, film, bahkan media digital.

Untuk dapat menghasilkan foto yang baik, maka seorang fotografer harus memperoleh eksposure yang tepat. Dalam konteks fotografi, kata eksposure ditejemahkan sebagai seberapa banyak jumlah cahaya yang masuk kedalam kamera yang mengenai media perakam didalam kamera tersebut serta seberapa lama. Ini artinya, eksposure yang tepat dapat diperoleh dari hasil kombinasi yang baik antara diafragma, shutter speed dan ISO, ketiga hal ini merupakan elemen-elemen dalam ekposure.

Bukaan diafragma akan menentukan jumlah intensitas dari cahaya yang masuk kedalam sebuah kamera, sementara shutter speed akan menentukan seberapa cepat atau lama cahaya mengenai sensor pada sebuah kamera. Kemudian ISO akan menentukan seberapa tinggi sensitifitas media perekam terhadap cahaya. Ketiga elemen ini dikenaldenagn sebutan The Triangle of Exposure.

Unsur dalam Eksposure ada 3 yaitu :
1.  Diafragma (Baca penjelasan diafragma)
2.  Shutter speed (Baca penjelasan shutter speed)
3.  ISO

No comments:

Post a Comment