Sunday, July 5, 2015

Teknik photography


Heeiiii... temen-temen para pecinta photography.. senang bisa berjumpa lagi dengan temen-temen semua.. Baik dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi mengenai teknik photography.
Banyak sekali ya teknik-teknik dalam dunia photography ini misalkan teknik photography model, teknik photography levitasi, teknik photography outdoor, teknik photography landscape, teknik photography panning, teknik photography siang hari, teknik photography blur, teknik photography bulb, teknik photography eksposure, teknik photography hitam putih, teknik photography malam hari, teknik photography human interest, teknik photography outdoor, teknik photography bagi pemula, teknik photography profesional, teknik photography slow speed, teknik photography wedding dan masih banyak lagi ya teknik-teknik dalam dunia photography ini.

Teknik dalam photography sangat di pengaruhi oleh penguasaan eksprosure, teknik dapat tercipta apabila kita mampu mengkombinasikan pengaturan diafragma, shutter speed dan ISO dengan tepat. Sebelum kita melakukan pemotretan, alangkah lebih baiknya kita berfikir terlebih dahulu dan mengimajinasikan objek tersebut didalam pikiran anda, susun konsep. setelah itu barulah mengatur konfigurasi diafragma, shutter speed, ISO, sudut pengambilan gambar, serta komposisi yang tepat.

Macam-macam teknik yang populer dalam dunia photography :
1.  Pengaruh diafragma
     Bukaan diafragma memberikan pengaruh pada ruang tajam foto atau depth of field (DOF), DOF memberikan suasana dan karakter tersendiri pada sebuah foto. DOF sendiri terdapat 2 macam :
  • DOF sempit
    DOF sempit berarti memiliki ruang tajam yang sempit, sehingga akan focus pada titik tertentu saja atau di objek nya saja, sementara untuk bagian lainnya akan terlihan blur. DOF sempit di peroleh dengan bukaan diafragma yang lebar. DOF sempit sangat sesuai dengan foto profil atau potret, karena akan menguatkan karakteristik dari wajah seseorang.
  • DOF luas
    DOF luas berarti memiliki ruang tajam yang luas, sebagian objek dalam foto baik yang dekat maupun yang jauh akan terlihat tajam dan focus. DOF luas didapat dengan bukaan diafragma yang sempit. DOF luas biasanya sering digunakan untuk memotret landscape.
2.  Pengaruh shutter speed
     Shutter speed akan mempengaruhi beberapa teknik pemotretan, shutter speed yang cepat akan membuat gerakan yang terekam menjadi sedikit, sedangkan shutter speed yang lambat akan membuat pergerakan yang terekam menjadi lebih banyak. Teknik yang dipengaruhi oleh shutter speed sebagai berikut:
  • Slow motion
    Slow motion sering juga disebut teknik bluring, memberikan kesan bergerak pada objek, sehingga membuat tampak artistik serta dramatis. Pada teknik ini, pergerakan pada objek yang bergerak terlihat kabur dan objek yang diam akan terlihat tajam dan jelas.
  • Stop motion (freezing)
    Teknik ini akan membuat seolah-olah objek membeku, waktu seakan-akan berhenti. teknik ini biasanya digunakan untuk objek yang bergerak, dengan hasil yang tajam. gerakan-gerakan seperti gerakan olahraga merupakan objek-objek yang umumnya dipotret menggunakan teknik ini. Teknik ini dapat di peroleh dengan mengatur sutter speed tinggi, misalnya 1/500, 1/1000 atau 1/4000.
  • Panning
    Teknik panning kebalikan dari teknik bluring, teknik penning akan membuat background terlihat kabur sementara objeknya akan terlihak tajam. Yang harus diperhatikan dalam teknik ini adalah kecepatan objek dan focus. Cara untuk mengambil gambar dengan teknik ini susah-susah gampang, anda harus mengikuti pergerakan objek anda tanpa harus kehilangan focus berkonsentrasilah pada objek. saat mengikuti pergerakan objek putarlah seluruh badan anda untuk mengikuti pergerakan objek jangan hanya kepala dan bahu saja.
  • Bulb
    Bulb merupakan teknik gerakan cahaya,yang umumnya di lakukan pada malam hari atau didalam ruangan yang gelap. Teknik bulb dilakukan dengan cara membuka shutter dalam waktu yang sangat lama, dan akan menghasilkan foto dengan kilatan-kilatan cahaya yang kabur namun dengan background yang tetap tajam.
3.  Pengaruh arah cahaya
     Pengaruh arah cahaya mampu memberikan emosi dan mood pada foto. arah cahaya juga dapat memberikan kesan dimensi yang di timbulkan pada objek. Berikut adalah beberapa teknik foto yang dipengaruhi oleh cahaya :
  • Cahaya depan (fornt light)
    Untuk teknik ini sumber cahaya berasal dari depan objek atau membelakangi kamera. teknik ini hapir semua foto menggunakannya. Baik menggunakan cahaya matahari ataupun flash untuk teknik ini cahaya harus tepat di depan objek.
  • Cahaya samping
    Teknik ini berarti sumber cahaya berada disamping kiri atau kanan objek. Menggunakan cahaya samping lebih memberikan kesan dimensi yang lebih kuat, sehingga banyak digunakan oleh para fotografer arsitektur dan landscape.
  • Cahaya belakang
    Sumber cahaya pada teknik ini berada dibelakang objek atau dengan kata lain berada didepan kamera, foto dengan cahaya dibelakang akan menonjolkan bentuk dan profil dari objek. cara ini bisa dilakukan dengan meletakkan objek didepan sumber cahaya atau membelakangi sumber cahaya tersebut.
  • Cahaya atas
    Pada teknik cahaya atas berarti sumber cahaya berasal dari atas objek. foto dengan teknik ini biasanya menghasilkan foto yang gelap atau suram, karena menempatkan objek pada posisi bayang-bayang.

Masih banyak lagi teknik lain yang belum kita bahas seperti teknik makro, teknik zooming dan double exposure, mungkin akan kita bahas di posting selanjutnya insyAllah.. terus ikuti blog saya dan jangan lupa share buat temen-temen kita yang membutuhkan :D

terima kasih..

Indahnya berbagi...


mungkin ada yang ingin membaca cerita-cerita humor, iklan-iklan lucu dapat mengunjungi juga blog saya klik disini
:D

No comments:

Post a Comment