Friday, July 3, 2015

Tips untuk memilih kamera DSLR buat para pemula


Mungkin diantara para pembaca masih bingung untuk memilih kamera apa yang ingin dibeli untuk belajar fotografi nantinya. Tidak sedikit orang yang bertanya akan hal tersebut, maka dari itu mungkin tips untuk memilih kamera DSLR buat para pemula ini bisa jadi bahan pertimbangan nantinya.

Berikut adalah tips untuk memilih kamera :

  1. Cobalah meriset jenis kamera apa saja yang sering digunakan teman-teman fotografi yang lain yang ada di sekitar kita. Jenis kamera yang banyak digunakan oleh teman kita dapat mempermudah kita nantinya untuk mempelajari fitur-fitur yang ada didalam kamera tersebut. Dan dapat mempermudah kita juga dalam bertukar lensa.
  2. Carilah pabrikan yang memiliki kemudahan dalam pelayanan akses penjualannya. Usahakan membeli kamera di kota sendiri atau kota terdekat untuk menghindari adanya penipuan-penipuan yang marak sekarang di dunia online. Dan hal ini dapat mempermudah kita ketika terjadi suatu masalah atau kerusakan pada kamera yang kita beli dan dapat mempermudah service-nya jika ada di kota sendiri
  3. Memilih kamera yang sesuai budget, hal ini merupakan yang sangat penting dalam memilih kamera. belilah kamera yang sesuai isi kantong anda. selain kamera perlu di ingat apabila kita sudah terjun kedunia fotografi masih banyak lensa dan aksesoris lainnya yang perlu kita tambah untuk kebutuhan motret kita nantinya. Oleh karena itu saya sarankan untuk bijak mengolah keuangan anda jangan di habiskan untuk kamera saja.
  4. Apakah niat anda serius dalam dunia fotografi ini?? --- tanyakan pada diri anda sendiri. jika memang niat awal ingin terjun kedunia fotografi ini maka cobalah tidak jauh dari merek Canon dan Nikon, karena merek ini yang sering sekali banyak para senior-senior atau temen-temen fotografi memakainya. Selain itu juga kedua merek itu sangat serius dalam memproduksi kamera, lensa dan segala aksesorisnya yang dapat menunjang kebutuhan kita nantinya dalam memotret. Kedua merek itu juga sudah banyak tersebar di kota-kota besar dan sangat mudah untuk mendapatkannya.
Dari tips diatas, mungkin membingungkan kita karena ada 2 merek besar yang berkualitas. Namun demikian dari kedua merek itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk kelas pemula, kamera canon tergolong cukup bagus. design dan interface kamera milik canon sangat mudah digunakan, serta memiliki fitur dan menu yang tata letaknya rapi. Namun demikian canon juga memiliki kelemahan yaitu dalam hal bahan dasar pembuatan, kamera canon jenis pemula menggunakan bahan dasar yang agak murah sehingga kurang nyaman untuk digenggam.
Kamera kelas menengah ke atas milik canon sudah memiliki kualitas gambar yang sangat baik, misalnya Canon 50 D, 60D, 70D, 7D, 5D,  6D, 1D.

Sementara itu kamera Nikon juga memiliki keunggulan yaitu memiliki sistem yang lebih lengkap. Nikon juga memiliki lensa yang beragam bahkan konon katanya harganya lebih mahal dibandingkan dengan harga lensa canon. Untuk jenis kamera nikon yang menegah keatas memiliki kinerja autofocus yang sangat baik dan memiliki ISO yang tinggi mampu memotret dikondisi yang gelap dibandingkan canon, namun demikian untuk kameara pemula milik nikon bisa dibilang tidak terlalu bagus. Karena memiliki interface dan menu yang kurang rapi. Selain itu juga ada kamera nikon juga yang tidak dilengkapi dengan autofocus, sehingga terpaksa menggunakan manual focus.


Demikian tips untuk memilih kamera DSLR buat pemula ini, semoga bermanfaat dan bisa memberikan pencerahan untuk pembaca..
Jangan lupa di share ya untuk temen-temen kita yang membutuhkan artikel ini..

Terima Kasih

:D

1 comment:

  1. ya benar skali, tp kalo ane sendiri lebih kepada membeli sesuai dengan budget tapi juga harus melihat kualitasnya juga

    ReplyDelete